Produk Desa

Desa Lahaji JAdikan Tenun Sebagai Produk Unggulan Desa

15 Februari 2022
Administrator
Dibaca 78 Kali
Desa Lahaji JAdikan Tenun Sebagai Produk Unggulan Desa

Seiring perkembangan zaman yang semakin milenial, kerap dirasa budaya tradisional cenderung teralihkan keberadaannya, Sehingga tidak sedikit masyarakat yang beralih profesi dari aktivitas tradisional ke modern. Namun hal itu tidak mengurungkan semangat kelompok Ibu-ibu Pengrajin Tenunan Desa Lahaji untuk terus berkarya dan menjaga nilai-nilai leluhur dalam melakukan produksi kain tenun tradisional.

Kain tenun merupakan salah-satu produk unggulan yang sudah terkenal hingga macanegara. Banyak fungsi yang dapat digunakan dari kain tenun sendiri, seperti digunakan untuk berbusana sehari-hari ataupun berbusana dalam upacara adat oleh masyarakat.

Kelompok Pengrajin Tenun Desa Lahaji saat ini berjumlah kurang lebih 30 orang yang beranggotakan ibu-ibu rumah tangga. Tenunan Desa Lahaji memiliki berbagai macam motif yang menggambarkan ciri khas daerah. Beberapa penenun juga sudah pernah mengikuti Lomba motif Tenun tingkat Provinsi dan berhasil meraih juara 3.

Pada pameran HPN 2022 yang terselenggara di Kota Kendari, Kain Tenun Desa Lahaji juga ikut dipamerkan pada stand Kab. Muna Barat dan menarik perhatian Duta Besar Pakistan yang tertarik pada proses pembuatanya.

Akan tetapi, walaupun kelompok ini telah mampu memproduksi dan menjual hasil tenun dipasaran, namun perkembangan bisnis di Desa ini cukup lambat. Setelah dilakukan identifikasi masalah, ada 3 isu terbesar yang di dapat yaitu masalah pola pikir masyarakat terhadap potensi tenun terhadap kesejahteraan masyarakat, masalah proses  produksi yang cukup lama, serta masalah kurangnya pengetahuan entrepeneurship dan manajemen usaha.

Maka dari itu, Pemerintah Desa Lahaji mengambil langkah-langkah strategis untuk menyelesaikan kendala-kendala tersebut dengan mendukung penyediaan sarana prasarana dan peningkatan kapasitas yang didanai melalui Dana Desa serta penguatan modal usaha melalui Badan Usaha Milik Desa. Pemerintah Desa Lahaji juga sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menjadikanya sebagai salah satu Produk Unggulan Desa dalam kategori kerajinan tradisional  karena hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan bisa mengharumkan nama desa secara khusus dan nama daerah secara umum.

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image