Laporan Realisasi Pelaksanaan APBDes

13 Februari 2022
Administrator
Dibaca 67 Kali
Laporan Realisasi Pelaksanaan APBDes

Pelaporan dan Pertanggungjawaban adalah babakan terakhir dalam siklus Pengelolaan Keuangan Desa.

Pelaporan merupakan salah satu mekanisme untuk mewujudkan dan menjamin akuntabiltas pengelolaan keuangan desa, sebagaimana ditegaskan dalam asas Pengelolaan Keuangan Desa (Asas Akuntabel). Hakikat dari pelaporan ini adalah Pengelolaan Keuangan Desa dapat dipertanggungjawabkan dari berbagai aspek: hukum, administrasi, maupun moral. Dengan demikian, pelaporan pengelolaan keuangan desa menjadi kewajiban Pemerintah Desa sebagai bagian tak terpisahkan dari penyelengaraan pemerintahan desa

Laporan Pertanggungjawaban pada dasarnya adalah laporan realisasi pelaksanaan APBDesa Desa Lahaji yang disampaikan oleh Kepala Desa kepada Bupati/Walikota setelah tahun anggaran berakhir pada 31 Desember setiap tahun. Laporan pertanggungjawaban ini harus dilakukan oleh Kepala Desa paling lambat pada akhir bulan Januari tahun berikutnya.

Sejalan dengan prinsip transparansi, akuntabel, dan partisipatif yang merupakan ciri dasar tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance), maka pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan APBDesa Desa Lahaji T.A 2021  tidak hanya disampaikan kepada pemerintah yang berwenang, tetapi juga harus disampaikan kepada masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung.

Secara langsung, pertanggungjawaban kepada masyarakat bisa disampaikan melalui Musyawarah Desa sebagai forum untuk membahas hal-hal strategis, yang dihadiri BPD dan unsur-unsur masyarakat lainnya. Sedangkan secara tidak Langsung laporan pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan APBDesa Desa Lahaji juga disampaikan  melalui berbagai sarana komunikasi dan informasi seperti papan Informasi Desa, website resmi Pemerintah Desa Lahaji.

APBDes 2021 Pelaksanaan


Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 1,442,184,000 | Rp. 1,442,184,000
100 %
BELANJA
Rp. 1,375,070,900 | Rp. 1,395,221,400
98.56 %
PEMBIAYAAN
Rp. 53,037,400 | Rp. 53,037,400
100 %

APBDes 2021 Pendapatan


Realisasi | Anggaran

Dana Desa
Rp. 981,516,000 | Rp. 981,516,000
100 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 460,668,000 | Rp. 460,668,000
100 %

APBDes 2021 Pembelanjaan


Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 426,583,400 | Rp. 426,707,400
99.97 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 449,576,600 | Rp. 456,000,500
98.59 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 91,200,000 | Rp. 91,200,000
100 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 289,025,900 | Rp. 295,992,200
97.65 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 118,685,000 | Rp. 125,321,300
94.7 %

LAPORAN REALISASI PELAKSANAAN

ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA

PEMERINTAH DESA LAHAJI

TAHUN ANGGARAN 2021

Uraian Anggaran (Rp) Realisasi (Rp) Lebih/(Kurang)(Rp) Persentase (%)
4. PENDAPATAN
4.2. Pendapatan Transfer 1,442,184,000 1,442,184,000 0 100.00
4.2.1. Dana Desa 981,516,000 981,516,000 0 100.00
4.2.3. Alokasi Dana Desa 460,668,000 460,668,000 0 100.00
JUMLAH PENDAPATAN 1,442,184,000 1,442,184,000 0 100.00
5. BELANJA
01 BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA 426,707,400 426,583,400 124,000 99.97
02 BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA 456,000,500 449,576,600 6,423,900 98.59
03 BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN 91,200,000 91,200,000 0 100.00
04 BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 295,992,200 289,025,900 6,966,300 97.65
05 BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA 125,321,300 118,685,000 6,636,300 94.70
JUMLAH BELANJA 1,395,221,400 1,375,070,900 20,150,500 98.56
SURPLUS / (DEFISIT) 46,962,600 67,113,100 -20,150,500 69.98
6. PEMBIAYAAN
6.1. Penerimaan Pembiayaan 3,037,400 3,037,400 0
6.1.1. SILPA Tahun Sebelumnya 3,037,400 3,037,400 0
6.2. Pengeluaran Pembiayaan 50,000,000 50,000,000 0
6.2.2. Penyertaan Modal Desa 50,000,000 50,000,000 0
PEMBIAYAAN NETTO -46,962,600 -46,962,600 0
SILPA/SiLPA TAHUN BERJALAN 0 20,150,500 -20,150,500

Bagikan artikel ini:
user
M.S. Mbora 2022-02-14 04:24:48 "Topppppp "
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image